Kamis, 10 Mei 2018

Jamannya sosial media, semua serba internet, SMS tlp via pulsa ga laku !

Sosial media jaman NOW !
Hey gaes, jumpa lagi bareng kang ardi di postingan kali ini ! Aku akan ngebahas all about of sosial media gaes ! Siapa sih yang ga punya minimal 1 akun sosial media jaman sekarang ? Mulai dari anak kecil, remaja, dewasa bahkan orang tua pun juga gemar memainkan sosial media.
Okey langsung aja gaes,..
Sosial media jaman now semakin memiliki perkembangan dan pertumbuhan yang sangat pesat berbanding terbalik dengan dampak yang ditimbulkannya pun sangat tinggi. Mereka berlomba-lomba dengan berbagai cara untuk menarik pengguna baru, sayangnya perkembangan pengguna yang signifikan tidak sebanding dengan pertumbuhan masalah sosial dimasyarakat. Sosial media jaman now mulai digunakan untuk kepentingan politik dimana sering melanggar norma kehidupan bermasyarakat di bumi Indonesia.

Nama-Nama Sosial Media
Sosmed saat ini sudah menjadi sarana dan prasarana sebagai media komunikasi, pembelajaran, interaksi dan lainnya. Sosial media jaman now yang paling populer saat ini dan semakin memiliki pertumbuhan cukup tinggi seperti Facebook, Twitter, Telegram, WeChat, Line, Whatsapp dan Instagram merupakan layanan sosial media jaman now paling mempunyai banyak penggunanya. Tidak jarang dari 10 orang 8 orang memiliki semua akun yang aku sebutin diatas.

Seperti contohnya media facebook dipergunakan mulai dari individu segala usia yang berbeda-beda, kita bisa menikmati pertemuan dan berkomunikasi dengan pengguna internet lainnya. Terlepas dari kenyataan bahwa beberapa individu dari segala usia menggunakan internet untuk bersosialisasi, ada kelompok individu tertentu yang melakukan lebih dari yang lain (you now lah apa itu). Kebanyakan Kelompok individu dari siswa sekolah, baik siswa SMA maupun mahasiswa. Untuk alasan itulah, bahwa harus ada sebuah situs jejaring sosial yang memiliki fokus pada individu tertentu.

Sosial media hampir semuanya memiliki fitur layanan yang sama persis namun memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Sosial media yang digunakan untuk komunikasi seperti chatting sudah merambah ke panggilan berbasis video (video call) bahkan melakukan live streaming  (siaran langsung).  Namun sayangnya lagi fitur-fitur baru yang ditawarkan pun banyak digunakan pada hal-hal yang negatif.

Kelebihan Sosial Media
Kelebihan sosial media sendiri selain sabagai sarana komunikasi super cepat juga merupakan sarana pembelajaran ilmu pengetahuan, teknologi dan banyak lagi. Membuat angka pengangguran menurun dengan banyaknya penjual barang dengan sistem online melalui sosial media seperti facebook, google plus, twitter, instagram, whatsapp dan lainya. Dengan sosial media, kita akan mendapatkan berita-berita populer secara realtime dan melihat jenis-jenis hiburan lucu dan hal lain yang bersifat menghibur dan bergabung dengan komunitas atau group yang kita ikuti.

Dampak Negatif Sosial Media
Dengan segala kelebihannya media sosial jaman now juga memiliki dampak negatif. Efek negatif yang dihasilkan pun ga sebanding dengan segala kelebihannya. Dampak yang ditimbulkan terkadang dapat menyakiti dan melukai seseorang atau melukai diri sendiri. Berikut adalah beberapa contoh dampak negatif yang ditimbulkan antara lain :

- Dapat melakukan hal-hal yang sifatnya kejahatan.
- Banyaknya Perselingkuhan terjadi (nah loh kena deh)
- Dapat merugikan diri sendiri dan keluarga (seperti membuat status unsur sara dan ujaran kebencian berujung kepada hukum)
- Lupa waktu untuk mengerjakan hal yang positif (seperti belajar, kewajiban keagamaan dan bekerja).
- Merubah kebiasaan sehari-hari.

Yang bikin ga sampe hati yaitu saat kita memainkan game online yang saat ini merambah di kalangan remaja dan dewasa, huft . . .

Cara Bijak Menggunakan Sosial Media
Jika kita udah terbiasa dengan hal tersebut dan dapat menggunakannya sesuai kebutuhan akita secara bijak tentu saja itu bukanlah suatu masalah. Namun tahukah kita semua, banyak pemuda-pemudi Indonesia yang masih ga paham akan teknologi. Ketika mereka mendapatkan ini semua pertama kalinya apa yang bisa kita bayangin ?

Ketika seseorang pertama kali mengenal sosial media tentu saja hal yang kita lakuin mencari teman sebanyak mungkin. Setelah itu ia mulai mengenal teman dari dunia maya yang nota bene sering upload gambar-gambar tidak etis dan membuat status vulgar. Tentu saja hal ini akan merubah kita sedemikian rupa.

Kita tidak mengetahui bahwa akun nya diretas, nomor ponsel dibajak, status pun mengandung unsur kejahatan dan ke tata susilaan. Lalu apa yang akan kita lakuin selain penyesalan dari perbuatan yang dilakukan oleh orang lain. Maka dari itu sebagai orang tua ada baik dapat memonitor mereka yang sudah keranjingan dengan yang namanya media sosial. Berikut adalah cara bijak menggunakan sosial media :
- Melakukan pertemanan dengan yang sudah dikenali.
- Jangan membuat status yang bisa mengundang urusan dengan masalah hukum.
- Berkomentarlah apa adanya dan jangan menyinggung perasaan orang statusnya kita komentari.
- Jangan membuat status yang mengundang unsur kejahatan seperti kita akan pergi liburan (para penjahat akan mengetahui jika rumah kita kosong karena kita sedang liburan).
- Jangan menceritakan cerita yang sebenarnya itu akan berdampak pada psikologis kita sendiri.
- Sering-seringlah mencari foto kita di google siapa tahu digunakan orang lain untuk digunakan tidak baik seperti dilakukan edit atau hal lainnya.
- Batasi penggunaan yang terlalu sering.
- Cek keamanan akun kita.
- Buatlah password yang agak rumit dan jangan tampilkan nomer telepon.
- Ingatkan kejahatan bukan karena ada niat pelakunya melainkan dari kita sendiri. Bijaklah dalam menggunakan sosial media karena itu bisa merubah kehidupan kita. Dan tingkatkan keimanan agar kita dapat terbebas dari segala hal yang berbau negatif di sosial media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar