Rabu, 09 Oktober 2019

Perbedaan Desain UI dan UX dalam Pembuatan Website






Di dalam dunia digital marketing saat ini, strategi bisnis merupakan langkah yang sangat penting untuk dilakukan. Terlebih lagi, di dunia digital marketing terdapat istilah User Interface dan User Experience atau yang lebih dikenal dengan sebutan UI dan UX sebagai desain grafis website yang Anda miliki.

Apa UI dan UX itu ?
UI dan UX merupakan singkatan dari User Interface dan User experience, dan merupakan cabang dari desain grafis. Keduanya merupakan sebuah tampilan visual yang berada di dalam sebuah aplikasi atau alat pemasaran digital berbentuk website sehingga dapat meningkatkan brand bisnis atau perusahaan yang dimiliki.

Pada umumnya, setiap perusahaan besar mencari karyawan yang mempunyai kemampuan UI dan UX agar dapat membuat tampilan website perusahaan menjadi lebih indah dan menarik sehingga menarik minat para pengunjung untuk berkunjung ke website tersebut. Selain itu, penampilan sebuah website ternyata mampu mempengaruhi tingkat penjualan produk.

Perbedaan UI dan UX
Meskipun sama-sama berasal dari cabang desain grafis dan merupakan sebuah tampilan atau design yang digunakan di dalam sebuah website. Namun nyatanya, UI dan UX mempunyai dua hal yang berbeda yang perlu diketahui, antara lain :

User Interface (UI)
UI merupakan desain antarmuka yang lebih memfokuskan desainnya pada keindahan daripada hanya sebuah tampilan semata. Selain itu, pemilihan warna yang baik dan pas serta beberapa hal lainnya akan membuat tampilan website Anda akan menjadi lebih enak dipandang mata sehingga membuat para pengunjung betah untuk berlama-lama di dalam website.

UI lebih berperan untuk menciptakan ikatan emosional dengan para penggunanya melalui berbagai desainnya yang menarik dan indah. Pada umumnya UI akan diimplementasikan atau dikerjakan setelah UX selesai, dengan hanya menentukan desain layout, logo, warna, typography serta berbagai hal lainnya untuk dapat mempercantik website yang dimiliki.

User Experience (UX)
Berbeda dengan UI, UX lebih kepada membuat desain web menjadi lebih indah. UX adalah desain yang digunakan untuk meningkatkan kepuasan dari para pengguna website melalui kesenangan serta kegunaan yang diberikan dalam proses interaksi antara para pengguna internet atau pengunjung serta produk yang ditawarkan. UX berfungsi untuk membuat website Anda menjadi lebih mudah untuk dipahami sehingga tidak membingungkan para pengguna.

UX sendiri dapat dikatakan merupakan keseluruhan dari elemen suatu website, mulai dari susunan, struktur, kemudahan dalam pemindahan satu halaman ke halaman lain dan lain-lain.

Tujuan penerapan UI dan UX
UI dan UX mempunyai tujuan yang berbeda. UI mempunyai tujuan utama untuk menampilkan desain interface yang seragam namun mempunyai konsistensi yang baik. Mulai dari font, gambar, warna, serta bentuk visual lainnya dengan desain yang menarik.

Sedangkan UX bertujuan untuk membuat website tersebut mudah digunakan oleh para penggunanya. Desain UX dituntut untuk dapat menjadi jembatan penghubung agar UI data dapat bekerja sama dengan sistem yang telah dibuat.

  



Kisi - Kisi UTS Ganjil Kelas XII
Tapel 2019 - 2020

  1. UX dan UI
  2. Website Online Public
  3. Keyframe dan Motion
  4. Macromedia Flash
  5. HTTP dan HTTPS
  6. Transisi PPT
  7. Macam Media Interaktif
  8. Multimedia Komunikasi dan Konten Produksi
  9. Kategori Multimedia
  10. Jenis Website Public
  11. Membuat google drive 









Tidak ada komentar:

Posting Komentar